Definition List

header ads

Ilmuwan : Komet Bukan Penyebab Peredupan Bintang Misterius KIC 8462852

Ilustrasi strukutr alien yang mengelilingi bintang KIC 8462852


Kemisteriusan bintang KIC 8462852 masih ilmuwan membingungkan.

Beberapa berspekulasi mungkin bintang ini dikelilingi oleh struktur raksasa alien 'Dyson sphere' yang menyebabkan penurunan dramatis dalam cahaya bintang.

Baru-baru ini, para ilmuwan NASA mengatakan bahwa hal itu bisa disebabkan oleh segerombolan komet yang menyebabkan sinyal aneh ini.

Sekarang, para peneliti telah menolak teori ini sebagai 'tidak masuk akal' menyusul studi sejarah bintang itu selama 100 tahun terakhir.

Salah satu dari bantahan-bantahan kami memiliki beberapa celah tersembunyi, atau teori ini memiliki beberapa usulan lainnya,' kata astronom Bradley Schaefer dari Louisiana State University mengatakan kepada New Scientist.

Misi Kepler memantau bintang ini selama empat tahun, melihat dua insiden yang tidak biasa, pada 2011 dan 2013, ketika cahaya bintang redup dengan dramatis, tidak pernah terlihat sebelumnya.

Ketika sebuah planet mengorbit bintang, kecerahan bintang biasanya berkurang sekitar satu persen. Tapi KIC 8462852 telah mengalami penurunan sekitar 22 persen, yang menunjukkan sesuatu yang besar  bergerak melewatinya.

Dalam beberapa kasus, fluks cahaya dari bintang ini turun ke bawah level 20 persen dan berlangsung di mana saja antara lima dan 80 hari pada suatu waktu.

"Kami belum pernah melihat sesuatu seperti bintang ini," kata peneliti Universitas Yale Tabetha Boyajian, yang pertama kali melihat sinyal tersebut.

"Ini benar-benar aneh. Kami pikir mungkin data yang buruk atau gerakan pada pesawat ruang angkasa, tapi semuanya sudah diperiksa. '

Para ilmuwan telah berspekulasi tentang apa yang bisa menyebabkan dips tidak teratur ini sejak bintang ini mencuat.

Sebuah studi yang menggunakan data dari NASA Spitzer Space Telescope pada bulan November menyarankan itu mungkin segerombolan komet.

Para peneliti mengatakan jika dampak planet, atau tabrakan antara asteroid, berada di balik misteri KIC 8462852, maka harus ada kelebihan cahaya inframerah di sekitar bintang ini.

Debu dari batu bekas tabrakan itu akan berada di suhu yang tepat untuk bersinar pada panjang gelombang inframerah.

'Spitzer telah mengamati ratusan ribu bintang di mana Kepler memburu planet, dengan harapan menemukan emisi inframerah dari debu yang mengorbitnya, "kata Michael Werner, ilmuwan proyek Spitzer.

Tapi Spitzer tidak menemukan kelebihan signifikan cahaya inframerah dari debu hangat.

Yang membuat teori tabrakan batuan sangat tidak mungkin, dan menyukai gagasan bahwa komet dingin bertanggung jawab.

NASA mengatakan pada saat itu mungkin keluarga komet bepergian pada orbit eksentrik sangat panjang di sekitar bintang.

Kemudian, pada 2013, sisa keluarga komet ini akan lewat di depan bintang dan memblokir lagi cahayanya.

Pada saat Spitzer mengamati bintang pada tahun 2015, komet tersebut akan lebih jauh, setelah melanjutkan perjalanan panjang mereka di sekitar bintang.

Dalam studi mereka sendiri, Schaefer dan timnya melihat data sejarah bintang itu selama 100 tahun terakhir.

Mereka melihat bahwa bintang ini juga meredup secara bertahap sekitar 20 persen antara tahun 1890 dan 1989.


Schaefer mengatakan bahwa untuk bintang yang memiliki keredupan sekitar 20 persen, itu akan membutuhkan sekitar 648.000 komet melewati di depannya.

Masing-masing dari komet ini akan memiliki lebar sekitar 125 mil (200 km), katanya, dan itu tidak masuk akal.

Teori lain mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh megastructure asing, mirip dengan Dyson sphere yang pertama kali diusulkan oleh fisikawan teoritis Freeman Dyson pada tahun 1960.

Teori ini menunjukkan bahwa segerombolan satelit atau panel surya mengelilingi sebuah bintang, yang dikenal sebagai segerombolan Dyson sphere, yang bisa memanfaatkan kekuatan bintang.

Struktur ini mungkin juga termasuk habitat ruang buatan, atau benda mengambang seukuran planet yang dimaksudkan untuk memberikan sinyal tahan lama bagi penduduk galaksi lain.

Para ilmuwan menganalisis data tidak menemukan bukti yang jelas untuk kedua jenis sinyal antara frekuensi dari satu dan 10 GHz.

Pengamatan mereka akan terus berlanjut, tapi sejauh ini tidak ada bukti sinyal radio yang sengaja diproduksi berasal dari arah KIC 8462852.

Hingga saat ini, bintang KIC 8462852 masih misterius.

Posting Komentar

0 Komentar