Definition List

header ads

Wahana NASA Temukan Celah Yang Baru Terbentuk Di Mars

Gambar ini menunjukkan celah yang baru terbentuk di planet Mars.Citra ini diambil Mars Reconnaissance Orbiter (MRO)

Wahana antariksa NASA di Mars menagkap citra sebuah celah besar di Mars yang tampaknya baru terbentuk sekitar 3 tahun lalu.

Kamera HiRISE yang dipasang di Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) menangkap citra kanal, yang ditemukan di lereng dinding kawah pada lintang selatan Mars pada 25 Mei 2013. Fitur ini tidak hadir dalam foto HiRISE dari daerah ini yang diambil pada 5 November 2010. NASA merilis gambar baru ini pada Rabu (19 Maret).

Meskipun celah (selokan ) di Mars terlihat banyak seperti alur sungai di Bumi, kemungkinan celah/alur di Mars ini tidak diukir oleh air yang mengalir, kata para pejabat NASA.

Namun, mereka menambahkan, "sebelum dan sesudah HiRISE melakukan aktivitas yang sama di tempat lain menunjukkan bahwa jenis kegiatan ini umumnya terjadi di musim dingin, pada suhu sangat dingin bahwa karbon dioksida, kemungkinan akan memainkan peran kunci,bukan air. "

Namun, MRO telah mengamati fitur lain di Mars yang tampaknya terkait dengan air cair - garis-garis gelap yang dikenal sebagai recurring slope lineae (RSL).

Garis RSL membuat alur di dinding kawah dan lereng lain selama cuaca hangat di Planet Merah, dan beberapa peneliti berpikir bahwa mereka disebabkan oleh air asin yang berisi antibeku berbasis besi. Bukti langsung dari air yang mengalir di lokasi RSL,tetap sulit dipahami.

Mars kuno jauh lebih ramah untuk kehidupan. Sebagai contoh, NASA Curiosity rover telah menemukan sistem danau dan aliran air kuno di dekat lokasi pendaratannya di Mars yang bisa mendukung kehidupan mikroba miliaran tahun yang lalu.

Posting Komentar

0 Komentar