Definition List

header ads

Objek Mirip Kepiting Terlihat di Planet Mars


National Aeronautics and Space Administration (NASA), yang merupakan lembaga milik Amerika Serikat (AS), yang bertanggung jawab atas program luar angkasa telah mempublikasikan sebuah foto yang memuat figur seperti kepiting dari planet Mars.

Sejak muncul di media-media online, masyarakat memberi penilaian terhadap objek yang dimaksud NASA. Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah bukti adanya kehidupan lain di luar Bumi, namun ada juga yang mengungkapkan hanya gambar mirip kepiting.

Menanggapi pro dan kontra tersebut, seorang ilmuwan dari Centre for SETI Research, Seth Shostak mengatakan, apa yang diakui oleh mereka sebagai bukti makhluk hidup di luar Bumi adalah sebuah fenomena yang disebut pareidolia.

Pareidolia adalah adalah sebuah fenomena psikologis, yang terlihat samar-samar, yang seringkali ditanggapi sebagai sesuatu yang penting.

"Sama seperti halnya mengaku melihat kepiting di atas lanskap yang penuh dengan batu-batu. Ini sama saja dengan melihat sesuatu saat kita mengedipkan mata, yang mana kemudian yang terlihat adalah objek seperti yang kita kenal,” kata astronom itu.

Hal ini sudah terjadi beberapa kali, dimana beberapa gambar di Mars diklaim sebagai objek yang mirip wajah manusia atau mirip pantai, sehingga banyak yang menduga bahwa ada kehidupan di planet merah ini.

Posting Komentar

0 Komentar