Definition List

header ads

Planet Pengembara Mirip Jupiter Kembali Ditemukan Oleh Astronom

Ilustrasi Planet Pengembara Yang Mirip Jupiter. Kredit : dailymail.co.uk


Para astronom telah menemukan planet muda pengembara yang mengambang bebas di luar angkasa. Planet ini dijuluki 2MASS J1119–1137, berusia sekitar 10 juta tahun - praktis masih bayi pada skala waktu galaksi.

Peneliti berharap dunia misterius yang tidak memiliki bintang ini bisa membantu mereka lebih memahami bagaimana planet terbentuk di luar tata surya.

Planet ini diperkirakan memiliki massa antara empat dan delapan kali massa Jupiter dan berada sekitar 95 tahun cahaya dari Bumi. Tanda cahaya unik planet itu ditemukan dengan menggunakan data dari NASA Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) dan teleskop berbasis darat lainnya.

"Ia memancarkan lebih banyak cahaya di bagian inframerah dari spektrum lainnya jika sudah tua dan didinginkan," kata pemimpin penulis Kendra Kellogg, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Western Ontario.

Menurut Carnegie Jacqueline Faherty, tantangan dengan mengidentifikasi objek langka seperti ini membedakan mereka dari banyak penyusup potensial.

Banyak bintang yang lebih tua dan  merah yang berada di sudut-sudut jauh dari galaksi kita dapat menampilkan karakteristik yang sama seperti objek planet dekat, "kata Faherty.

Untuk memastikan temuan mereka itu benar, tim memeriksa hasil mereka menggunakan Flamingo-2 spektrograf instrumen pada teleskop Gemini di Chile.


Asosiasi bintang TW Hydrae


"Kami segera menegaskan bahwa 2MASS J1119-1137 sebenarnya objek muda bermassa rendah di lingkungan surya, dan bukan bintang merah raksasa jauh," kata Western Stanimir Metchev.

Selanjutnya, tim ingin menentukan umur yang tepat dari objek ini.

'Pengamatan Gemini kami hanya menunjukkan bahwa benda itu lebih muda dari sekitar 200 juta tahun, "kata Metchev.

"Jika itu jauh lebih muda, itu benar-benar bisa menjadi planet mengambang bebas seperti Jupiter kita , namun tanpa bintang induk.'

Bagian akhir dari teka-teki ini disumbangkan oleh Carnegie Jonathan Gagne menggunakan Fire spectrograph di teleksop Carnegie's Baade di Chile.

Data membantu mengungkapkan bahwa planet ini milik kelompok termuda dari bintang di lingkungan Matahari kita.

Kelompok ini berisi sekitar dua lusin bintang berusia 10 juta tahun, semua bergerak bersama-sama melalui ruang, dan secara kolektif dikenal sebagai asosiasi TW Hydrae.