Definition List

header ads

Teleskop Antariksa Kepler Milik NASA Kembali Normal



Teleskop antariksa NASA Kepler, pemburu exoplanet paling produktif sepanjang masa, telah bangkit dari kerusakan misterius dan mungkin dapat melanjutkan operasinya dengan segera.

Kontrol misi berhasil mengeluarkan Kepler dari modus darurat pada 10 April dan saat ini teleskop itu dalam keadaan stabil dengan antena yang mengarah ke Bumi sehingga memungkinkan untuk melanjutkan komunikasi.

"Setelah data di lapangan diterima, tim secara menyeluruh akan menilai semua sistem onboard untuk memastikan pesawat ruang angkasa ini cukup sehat untuk kembali ke modus sains dan memulai kampanye pengamatan microlensing misi K2, yang disebut Kampanye 9," kata manajer misi Kepler Charlie Sobeck dari NASA Ames Research Center di Moffett Field, California, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Anomali pada Kepler ditemukan pada Kamis (7 April) ketika pesawat itu masuk dalam modus EM - mode operasional terendah - untuk pertama kalinya. Mereka masih tidak tahu apa yang menyebabkan anomali ini, meskipun mereka telah mengesampingkan beberapa kemungkinan.

Misalnya, Keplermasuk dalam modus EM sekitar 14 jam sebelum manuver yang direncanakan untuk mengarahkan pesawat ruang angkasa ini kearah pusat galaksi Bima Sakti untuk melakukan Kampanye 9. Jadi tim tidak berpikir manuver, atau orientasi observatorium -menjaga roda reaksi, yang bertanggung jawab atas hal ini.