Definition List

header ads

Cassini Kirim Gambar Dari Pertemuan Dekatnya Dengan Bulan Saturnus Enceladus

Pandangan dari permukaan bulan Saturnus Enceladus, diambil oleh NASA Cassini selama terbang lintas dekat pada 28 Oktober 2015.


Setelah menyelam menantang maut menuju permukaan bulan es Saturnus Enceladus, wahana antariksa NASA Cassini telah yang mengirim kembali gambar dari pertemuan penutupan itu.

Cassini melintas hanya 30 mil (50 kilometer) dari permukaan Enceladus pada Rabu (28 Oktober), dan melewati semburan materi yang meletus dari kerak es bulan ini. Gambar baru (yang dapat dilihat di sini, bersama dengan gambar terakhir dari Enceladus) menunjukkan bahwa bulan ini memiliki permukaan yang kasar dan keriput pandangan latar belakang yang memperlihatkan semburan material dari Bulan ini.

Para ilmuwan percaya bahwa sembyran material ini berasal dari laut air cair yang terletak jauh di bawah permukaan es Enceladus. Cassini sekarang dapat memberikan beberapa informasi tentang komposisi semburan dan berpotensi dapat menjelaskan apakah lingkungan di bawah permukaan Enceladus cocok  menjadi tuan rumah kehidupan.

Gambar baru hanya potongan pertama dari informasi yang dikumpulkan selama pendekatan penutupan ini. NASA Cassini akan mengirim kembali lebih banyak gambar, serta analisis dari semburan ini, dilakukan dengan menggunakan alat analisis gas dan detektor debu yang dibawa Cassini. Namun, tes mereka bisa memakan waktu beberapa minggu untuk diselesaikan, menurut NASA.



Pandangan dari semburan geyser bulan Saturnus Enceladus, diambil oleh NASA Cassini selama terbang lintas dekat pada 28 Oktober 2015.


Pandangan dari bulan Saturnus Enceladus, diambil oleh NASA Cassini selama terbang lintas dekat pada 28 Oktober 2015.



Sebuah tampilan dekat dari permukaan bulan Saturnus Enceladus, diambil oleh NASA Cassini selama terbang lintas pada 28 Oktober 2015.


NASA Mengatakan bahwa wahana antariksa NASA Cassini tidak dilengkapi peralatan untuk mencari tanda-tanda kehidupan, tetapi analisis ini bisa memberikan petunjuk tentang lingkungan, dan apakah itu ramah bagi kehidupan, NASA mengatakan. Meskipun para ilmuwan percaya bahwa laut di bawah tanah bulan ini sebagian besar terdiri dari air, analisis ini bisa membantu mengungkapkan bahan kimia lain yang hadir. Analisis juga bisa memberikan informasi tentang kegiatan hidrotermal di dasar laut, sumber panas yang kemungkinan diperlukan untuk mendukung kehidupan.

Cassini akan membuat terbang lintas akhir dari Enceladus pada 19 Desember. Misi Cassini dijadwalkan akan berakhir pada tahun 2017, membuat serangkaian ayunan antara Saturnus dan cincin terdalamnya, kemudian di terjunkan dengan sengaja ke dalam atmosfer gas raksasa Saturnus.

NASA mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan mengirim wahana khusus ke Enceladus untuk mencari tanda-tanda kehidupan. Jika disetujui, misi tersebut bisa diluncurkan paling cepat tahun 2021. NASA juga sudah berencana untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa ke bulan Jupiter Europa - lokasi lain yang berpotensi menjadi tuan rumah kehidupan - pada awal hingga pertengahan 2020-an.




Posting Komentar

0 Komentar