Definition List

header ads

Exoplanet Seukuran Planet Neptunus Ini Memiliki Langit Berwarna Biru

Ilustrasi mini-Neptunus GJ 3470b


Dengan jarak 100 tahun cahaya dari Bumi, sebuah exoplanet kecil dengan langit seperti Bumi mengorbit bintang katai merah.

Langit biru planet ini terlihat saat planet ini transit di bintang induknya dari analisis cahaya tersebar oleh partikel kecil di atmosfer - teknik yang dikenal sebagai hamburan Rayleigh.

Walaupun planet ini memiliki langit warna biru, ia tidak mungkin menjadi tuan rumah kehidupan. 

Planet ini bernama GJ 3470b, seukuran Neptunus dan memiliki suhu permukaan sepanas sekitar 3.300 ° C (6000 ° F).

Para ilmuwan mengatakan ini adalah planet terkecil di mana mereka melihat hamburan Rayleigh - efek yang sama yang membuat langit Bumi menjadi Biru.

Para astronom yang dipimpin oleh Diana Dragomir dari University of Chicago membuat penemuan ini dengan menggunakan Cumbres Observatory global Las Telescope Network (LCOGT).

Tim Dr Dragomir memperoleh dan menggabungkan data transit dari semua situs observatorium LCOGT di Hawaii, Texas, Chili, Australia dan Afrika Selatan untuk mengkonfirmasi hasil ini. Setelah GJ 3470b berada di posisi yang tepat, peneliti dapat mengumpulkan informasi tentang spektrum atmosfer dengan mengukur panjang gelombang dan mencari hamburan Rayleigh.

Hamburan Rayleigh adalah hamburan elastis dari cahaya atau radiasi elektromagnetik lain oleh partikel lain yang lebih kecil daripada panjang gelombang cahaya, yang bisa berupa suatu atom atau molekul. Hal ini dapat terjadi ketika cahaya melawati benda padat yang transparan dan cairan, tetapi yang paling menonjol terlihat pada gas.

Spektrum planet ini juga dapat memberitahu peneliti tentang materi yang dikandung planet saat ini, yang memberikan mereka petunjuk tentang komposisi atmosfer.

Untuk mengumpulkan informasi ini, cahaya inframerah yang digunakan pada daerah yang paling terang dan terkena planet.

Untuk mengumpulkan informasi ini, cahaya inframerah digunakan pada daerah yang paling terang dan terekspos di planet.

Selama beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menggunakan metode ini untuk mempelajari eksoplanet kecil lainnya, tetapi belum bisa menentukan apa-apa tentang komposisi atmosfer mereka.

Mayoritas exoplanet dengan atmosfer yang dipahami adalah Hot Jupiters, sekitar 10 kali ukuran Bumi, namun GJ 3470b hanya empat kali ukuran Bumi.

Sayangnya, langit biru tidak berarti bahwa planet ini memiliki atmosfer seperti Bumi kita.

Tapi para peneliti mengakui bahwaplanet itu mungkin memiliki atmosfer yang kaya molekul air dan metana.

Para ilmuwan mengklaim ini adalah pendeteksian jelas pertama dari fitur spektroskopi di atmosfer sebuah exoplanet yang ditemukan dengan teleskop kecil.

Dr Dragomir, yang melakukan proyek ini mengatakan bahwa 'deteksi ini membawa kita lebih dekat untuk memahami sifat exoplanet kecil melalui penggunaan pendekatan baru yang memungkinkan kita untuk menyelidiki atmosfer exoplanet bahkan jika mereka berawan.'




Posting Komentar

0 Komentar