Definition List

header ads

M61 : Sebuah Galaksi Starburst Yang Lapar

Messier 61


Gambar baru dari Hubble ini menunjukkan citra terbaru dari Galaksi Spiral Messier 61. Ini adalah citra inti M61 paling tajam yang pernah di buat. Diambil menggunakan High Resolution Channel Hubble Advanced Camera for Surveys, bagian tengah galaksi ditampilkan dalam detail mencolok.

Juga dikenal sebagai NGC 4303, galaksi ini memiliki diameter kira-kira 100.000 tahun cahaya, sebanding dengan ukuran galaksi kita, Bima Sakti. Bima sakti dan M61 masuk dalam kelompok galaksi yang dikenal sebagai Virgo supercluster dalam konstelasi Virgo. Virgo supercluster adalah kelompok galaksi yang mengandung lebih dari 2 ribu galaksi spiral dan elips.

Messier 61 adalah jenis galaksi yang dikenal sebagai galaksi Starburst. Galaksi starburst mengalami tingkat pembentukan bintang yang sangat tinggi,melahap waduk gas mereka dengan singkat. Tapi ini bukan satu-satunya kegiatan yang terjadi di dalam galaksi; di dalam inti galaksi ini di yakini bersemayan lubang hitam supermasif yang terus memuntahkan radiasi.

Meskipun dimasukkan dalam Katalog Messier, Messier 61 sebenarnya ditemukan oleh astronom Italia Barnabus Oriani tahun 1779. Charles Messier juga melihat galaksi ini pada hari yang sama dengan Oriani, tapi mengira itu sebagai komet yang lewat pada tahun 1779.

Posting Komentar

0 Komentar