Definition List

header ads

Jendela Stasiun Ruang Angkasa ISS Mengalami Keretakan Tertabrak Puing Luar Angkasa

Retakan pada kaca di ISS


Dalam film sains fiksi, sudah sangat umum bahwa hal-hal menakutkan bisa mengintai di luar jendela di ruang angkasa. Biasanya, hal-hal itu seperti alien yang ingin memakan anda. tapi dalam kehidupan nyata, ada bahaya berbeda di luar sana.

Astronot ESA, Tim Peake baru-baru ini mentweet sebuah foto yang menunjukkan sesuatu terjadi sangat serius pada jendela di Stasiun Antariksa Internasional.

Peake menunjukkan sebuah retakan kaca pada jendela ISS yang disebabkan tabrakan puing-puing luar angkasa. Kerusakan terletak di cupola, tempat yang digunakan sebagai observatorium dengan beberapa jendela yang  memberikan pandangan baik untuk melihat Bumi.

Retakan ini memiliki panjang sekitar seperempat inci (7 milimeter), terlihat mirip seperti apa yang terjadi ketika sebuah batu kecil mengenai kaca depan mobil Anda. ESA mengatakan itu bisa saja disebabkan oleh dampak dari sebuah objek kecil seperti serpihan kecil.

ESA mencatat retakan seperti ini "tidak menimbulkan ancaman." jendela ini sangat tebal dan belum dalam keadaan mau pecah. Puing-puing antariksa merupakan masalah besar dalam bidang astronomi. ESA mengatakan potong puing berukuran sekitar 4 inci (10 cm) "bisa menghancurkan sebuah satelit atau pesawat ruang angkasa menjadi berkeping-keping." Sejauh ini, ISS melakukan pekerjaan yang baik dan menghindari masalah itu.