Definition List

header ads

Astreoid 2014 J025 Akan Melintas Dekat Bumi Pada 19 April 2017,Apakah Berbahaya?



Sebuah Astreoid yang berpotensi sangat membahayakan dikabarkan meluncur ke bumi.pada tanggal 19 April 2017, hal ini cukup mengerikan, apalagi jika kita mengingat atmosfer bumi sudah tidak aman lagi.Benarkah berpotensi membahayakan bumi?

kita akan mencoba mengerti lebih dalam apa itu asteroid, apakah ia berpotensi membahayakan bumi hingga cara mengetahui dan mengklarifikasi benar tidak nya statement yang mengatakan bahwa bumi akan ditabrak asteoroid. Asteroid merupakan benda langit yang mengorbit Matahari dan terletak antara planet Mars dan Jupiter.

Jumlah asteroid tidak hanya satu melainkan puluhan, ratusan bahkan milyaran. Karena banyak nya asteroid yang berkumpul di antara Mars dan Jupiter maka para astronom menyebut kawasan ini sebagai Sabuk Asteroid. Bentuk dari asteroid sendiri tidaklah seperti bumi dan bintang yang cenderung berbentuk bulat. Ada yang berbentuk batu lonjong dan ada pula yang berbentuk batu tak beraturan.

Ukuran nya pun bermacam-macam mulai dari 1 meter hingga puluhan meter. Komposisi Bahan pembentukan nya pun bermacam-macam, ada yang mayoritas berupa tersusun dari batu dan ada pula yang tersusun dari besi. Jika asteroid ini melewati atmosfer bumi maka asteroid ini berganti nama menjadi Meteor dan ketika ia jatuh ke bumi maka ia akan berubah nama lagi menjadi Meteorit

Kata dekat tidak lah dekat seperti yang kita bayangkan. Dekat dalam bahasan astronomi adalah dekat dengan sekala kosmos atau alam semesta. Seperti halnya ketika kita mengatakan bintang terdekat dengan planet kita adalah Matahari. Padahal jarak antara bumi dan matahari adalah 150 Juta km dan ditempuh oleh cahaya selama 8 menit 19 detik.

Betapa jauh nya bukan kata dekat dalam skala kosmos? Belum lagi ketika kita tahu bahwa bintang terdekat dengan tata surya kita adalah Bintang Alpha Centauri yang berjarak 4 tahun cahaya, ditempuh dengan kecepatan cahaya selama 4 tahun dibumi sedang 1 detik cahaya dapat mengelilingi bumi selama 7 kali. Jarak untuk sekala kosmos/alam semesta sangatlah berbeda dengan skala jarak di bumi dimana jarak dalam sekala kosmos menggunakan satuan cahaya dan bumi – km atau mil.

kini kita sudah tahu bagaimana cara mengetahui sebuah asteroid apakah ia benar-benar akan membahayakan Bumi ataukah hanya melintas saja dan pastinya mulai saat ini kita tidak lagi mudah untuk terprovokasi dengan pemberitaan-pemberitaan yang mengatakan akan adanya asteroid/komet/meteor yang akan menabrak Bumi. 

Astreoid yang akan melintas dekat bumi pada tanggal 19 April 2017 bernama 2014 J025 Asteroid ini diklasifikasikan sebagai asteroid "berpotensi membahayakan" oleh Minor Planet Center karena menurut kriteria yang telah disusun sebelumnya, 2014 JO25 memiliki parameter yang berpotensi mengancam warga Bumi saat melakukan pendekatan dekat dengan Bumi.

Pada tanggal 19 April 2017, astreoid tersebut akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi sekitar 4,6 kali jarak Bumi ke Bulan, atau kurang lebih sekitar 1,7 juta kilometer dari permukaan Bumi,Sebuah jarak yang masih terbilang jauh, satu koma tujuh juta kilometer.

Asteroid 2014 JO25 memang akan lintas dekat Bumi pada 19 April 2017, namun ia takkan memberikan dampak apapun terhadap Bumi. Justru inilah saat yang tepat untuk mempelajari sebuah asteroid.