Definition List

header ads

Astronom Buat Peta Gelombang Radio Ungkap Apa Yang Tersembunyi Di Bawah Awan jupiter

Kombinasi peta optik dan radio


Hanya satu bulan sebelum pesawat ruang angkasa Juno tiba di planet gas raksasa Jupiter, para astronom membuat peta gelombang radio paling rinci yang pernah dibuat pada planet ini apa yang tersembunyi di bawah atmosfer Jupiter dan mengungkapkan arus amonia berputar yang membantu membentuk fitur khas.

Peneliti menggunakan upgrade terbaru teleskop radio Very Large Array (VLA) di New Mexico untuk menyelidiki 60 mil (100 kilometer) di bawah bagian atas awan Jupiter - mengungkapkan hubungan antara pusaran warna-warni dan bintik-bintik di permukaan yang terlihat dan pergerakan gas bawah, yang digerakkan oleh sumber panas internal Jupiter.

"Kami pada dasarnya menciptakan gambar tiga dimensi dari gas amonia di atmosfer Jupiter, yang mengungkapkan hubungan antara atmosfer atas dan bawah yang bergolak," kata Imke de Pater, astronom dari University of California, Berkeley, dan penulis utama dari studi baru ini , mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Peta mereka mengungkapkan hal yang lebih rinci daripada peta radio sebelumnya.

Para peneliti melihat bahwa gas yang kaya amonium naik untuk membentuk lapisan atas awan - amonium hidrosulfida bersuhu sekitar 200 Kelvin (minus 100 derajat Fahrenheit) dan awan es amonia bersuhu 160 K (minus 170 derajat F), yang keduanya dapat dilihat dengan teleskop optik, kata para pejabat dalam pernyataan itu. Peta ini juga mengungkapkan bahwa gas yang mengandung kurang amonia tenggelam kembali ke dalam planet ini.

Studi tersebut menjelaskan proses serupa yang terjadi di planet raksasa lain di tata surya dan eksoplanet raksasa yang baru ditemukan di sekitar bintang jauh. Peta radio menunjukkan gas yang kaya amonia naik ke dalam dan membentuk lapisan di atas awan.

"Dengan radio, kita bisa mengintip melalui awan dan melihat bahwa hotspot tersebut disisipkan dengan bulu-bulu amonia yang naik dari dalam planet ini," kata Peneliti Astronom Universitas Berkeley, Michael Wong.